Penulis
NSFW Off NSFW On Notification Lapor Min! Download Page Download APK Refresh Page Random Post

Selamat datang di hanhaoyu.com. Situs web ini adalah platform di mana saya berbagi wawasan, pandangan, dan pengetahuan tentang pencapaian, pengalaman, serta bagaimana saya dapat menjelajahi potensi tanpa batas dalam segala aspek kehidupan. Saya percaya bahwa setiap individu memiliki potensi yang unik dan luar biasa, dan melalui situs web ini, saya ingin menginspirasi dan memberdayakan orang lain untuk menemukan dan meraih potensi terbaik mereka.

Sebuah pilihan hidup yang mengharuskan kuliah sambil bekerja

Tentang sebuah pilihan hidup yang mengharuskan kita untuk kuliah sambil bekerja
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated

Informasi Penting!!
Post berjudul "Sebuah pilihan hidup yang mengharuskan kuliah sambil bekerja " merupakan artikel karya dari mahasiswa baru Universitas Dr. Soetomo. Adanya artikel ini di website hanhaoyu.com karena ada kerjasama dalam penugasan artikel di PKKMB 2024 Universitas Dr. Soetomo, jika dirasa ada kepentingan terkait post ini, harap hubungi kami [DISINI].

Logo UKM Sahabat Pustaka
Ilustrasi: Kuliah sambil Kerja

Sebuah Pilihan Hidup yang Mengharuskan Kuliah Sambil Bekerja

Menjalankan dua peran sekaligus sebagai mahasiswa dan karyawan tidaklah mudah. Kita harus pintar-pintar memanajemen waktu dan fisik kita karena sudah pasti fisik akan capek karena dihadapkan dengan urusan perkuliahan maupun pekerjaan. Mulai dari jarak tempuh atau aktivitas kegiatan, belum lagi dengan tugas-tugas di perkuliahan atau pekerjaan yang hanya dikasih deadline yang singkat. Apa nggak pusing tuh kalau misalnya deadline tugas dari perkuliahan atau pekerjaan harus dikumpulkan di waktu yang bersamaan? Mungkin fisik capek, pikiran jenuh, juga stres. Tapi dengan strategi dan motivasi yang tepat, kita bisa lebih enjoy menjalankan keduanya karena bagaimanapun inilah jalan hidup yang kita pilih, dan apapun resikonya harus kita terima.

Banyak alasan yang mendasari seseorang untuk melamar kerja saat masih kuliah, atau sebaliknya, mendaftar kuliah saat sudah bekerja. Baik itu untuk memenuhi kebutuhan finansial hingga mengembangkan keterampilan. Meskipun kadang terasa menantang dan melelahkan, kegiatan kuliah sambil bekerja memiliki banyak manfaat, seperti berikut:

1. Meringankan Keuangan Keluarga

Ini mungkin menjadi alasan seseorang menjalankan kuliah sambil bekerja karena tidak ingin terlalu merepotkan orang tua dan tidak sepenuhnya lagi bergantung pada finansial orang tua. Meskipun kita bekerja dengan gaji yang tidak terlalu besar, setidaknya kita sudah ada uang gaji untuk kehidupan kita sehari-hari. Ketika sudah memiliki penghasilan sendiri, kita bisa membantu orang tua untuk membayar biaya kuliah, atau bila gaji kita masih terbatas, setidaknya bisa mengatasi sendiri biaya-biaya ‘tambahan’ di masa kuliah, meski sekecil ongkos fotokopi atau nge-print tugas, tiket seminar, sampai uang jajan untuk nongkrong bersama teman-teman.

2. Menambah Pengalaman Kerja dan Memperluas Networking

Mungkin di saat sudah lulus nanti, kamu tidak akan memulai dari nol lagi seperti teman-teman seangkatanmu yang belum pernah bekerja. Dengan pengalaman yang sudah dimiliki, pasti akan memiliki peluang kerja yang lebih luas dibanding yang lain, tentunya dengan standar gaji yang lebih besar. Memperluas area networking di ruang lingkup kampus atau di dunia kerja akan mempermudah kita ke depannya apabila terjadi apa-apa.

3. Melatih Kemandirian dan Rasa Tanggung Jawab pada Diri Sendiri

Seorang pejuang kuliah sambil kerja tentunya akan memiliki kepribadian yang lebih dewasa dari mahasiswa pada umumnya karena banyaknya permasalahan yang sering kita hadapi. Kita akan dituntut untuk mampu menyelesaikan segala masalah serta kewajiban dengan efektif dan efisien. Beban serta tanggung jawab yang dipikul akan lebih besar. Mulai dari masalah tugas kuliah, pekerjaan, pengaturan waktu, keuangan, dan banyak lagi. Secara otomatis, kamu akan menjadi pribadi yang lebih tangguh dan ulet.

Apapun pekerjaanmu, terus pupuk motivasi, komitmen, dan keyakinan pada diri sendiri. Percayalah bahwa proses yang kamu jalani saat ini akan membuahkan hasil yang manis di kemudian hari. Karena rezeki tidak akan tertukar dan Tuhan senantiasa mendengarkan doa dari hamba-hamba-Nya yang menjalankan hari-harinya dengan ikhlas, penuh semangat, dan pantang menyerah.

Kombinasi pendidikan dan pengalaman yang akan kamu dapatkan bisa menjadi bekal yang berharga untuk mencapai kesuksesan. Jadi, meskipun sama sekali tidak mudah, jangan menyerah di tengah jalan. Tetap fokus pada cita-cita atau karir impianmu di masa depan. Kamu pasti bisa mencapainya, bila belajar dan bekerja dengan sepenuh hati.


Nomor Induk Mahasiswa
0000 2024 1142 0003
No. Urut
Post
Mahasiswa Baru Universitas Dr. Soetomo
QR Code

Dukung kami disini!

Klik QR/Button

About the Author

Hai semuanyaa, it's me, i'm here~

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan Anda di website kami. Kami sangat menghargai setiap komentar dan masukan yang diberikan oleh pembaca kami. Sebelum mengirimkan komentar, harap diingat untuk tetap mengikuti etika dan sopan santun dalam berkomunikasi. Kami tidak akan mentoleransi komentar yang mengandung pelecehan, intimidasi, diskriminasi, atau konten yang tidak pantas.

Pastikan komentar yang Anda sampaikan relevan dengan topik postingan dan tidak melanggar hak cipta atau privasi orang lain. Kami berhak untuk meninjau, mengedit, atau menghapus komentar yang tidak sesuai dengan kebijakan kami tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Kami mengundang Anda untuk memberikan masukan yang konstruktif dan berguna bagi pembaca kami. Silakan berikan pendapat, saran, atau pengalaman Anda yang dapat meningkatkan kualitas konten kami dan memberikan manfaat bagi pembaca lainnya. Terima kasih atas partisipasi Anda dalam komunitas kami. Silakan berkomentar dengan bijak dan santun.

  • Blogger Comment
  • Disquss Comment
  • Telegram Comment
  • Facebook Comment
  • Upload Image/Vidio

Warning!
Harap refresh page kembali jika komentar Disquss tidak muncul.

Gabung dalam percakapan

Warning!
Section Telegram Comment merupakan Universal Chat, yang dimana komentar dari semua post dapat terbaca disini (jika user berkomentar melalui telegram comment), jadi pastikan komentar yang berhubungan dengan diskusi universal untuk Section Telegram Comment ini.

Warning!
Harap refresh page kembali jika komentar Facebook tidak muncul. (Khusus komentar facebook, harap gunakan mode terang supaya dapat melihat dengan baik teks komentarnya)

Warning!
Saat setelah pilih file, harap klik button Upload dan tunggu beberapa detik untuk memunculkan link file. Ingat, file yang diizinkan hanya image/jpeg', 'image/png', 'image/gif', 'video/mp4', 'video/webm'